Daftar Blog Saya

Jumat, 21 Mei 2010

Bidak Kehidupan

Takdir ibarat main catur, ada ruang dan aturan gerak yang sudah pasti. Namun, disana masih tersedia kebebasan memilih dan bergerak diatas papan kehidupan ini.

           Kita bagaikan bidak catur kehidupan. selalu ada banyak pilihan yang sudah disediakan tuhan untuk kita. Pilihan kotak-kotak yang tergelar dipapan kehidupan ini. warna hitam putih menjadi simbol adanya kehidupan baik buruk yang tidak pernah berhenti. Kita boleh menggunakan berbagai jenis langkah dan strategi, namun kita tidak bisa keluar dari papan catur yang telah disediakan. artinya semua tetap ada ukuran dan kepatuhan.

          Seperti halnya permainan catur, kita juga bisa melihat permainan dalam hidup ini. sesungguhnya kita sedang melawan diri sendiri yang angkuh dan arogan untuk menjadi lebih lembut dan damai. Dalam permainan juga dituntut sportivitas, kejujuran, dan saling menghargai, persis seperti dalam kehidupan ini. Dalam hidup, kita harus selalu sportif, terbuka, dan tetap mengakui keberadaan orang lain dengan memberikan orang lain kesempatan...(Semoga Bermanfaat)

By: Komaruddin Hidayat        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar