Daftar Blog Saya

Rabu, 08 Februari 2012

MUHAMMAD (catatanq 8/02/2012)

MUHAMMAD
Samudra hikmah yang luas tak bertepi dan taman kearifan yang indah penuh warna
"Dengan memerhatikan semua standar ukuran kehebatan manusia, kita bisa bertanya, apakah ada orang yang lebih hebat dari dia?......Dia adalah filsuf, orator, rasul, legislator (penentu hukum), pemimpin tentara, negosiator ulung, pembaharu, pemimpin keagamaan, pendiri lebih dari 20 wilayah negara berasas agama. Dialah Muhammad."(Alphonse De Lamartine,Paris:1854)
Mengkaji perjalanan hidup nabi Muhammad adalah bagaikan mengarungi samudra nan luas tak bertepi. Wisdom dan hikmah yang terpancar darinya sangat banyak seolah kita tidak akan sanggup untuk menghitungnya. Bagaikan taman, ia juga adalah manusia pilihan yang memberikan suri keteladanan yang indah dan mengagumkan dalam hampir semua spektrum kehidupan baik pribadi, keluarga, maupun masyarakat.
Ibarat seorang penyelam yang mencari mutiara disamudra nan luas maka iya tidak akan pernah benar-benar mengarungi samudra tersebut sampai lengkap kesemua penjurunya. Kita mengira seolah sudah menjelajahi jauh keberbagai pelosok. Padahal sesungguhnya kita baru bergerak tidak jauh dari pantai tempat perahu bertambat.
Ia terlahir yatim, usia 6 tahun yaatim piatu dan diasuh sang kakek, usia 8 tahun kakek pun meninggal dan dititipkan kesang paman yang sedang-sedang saja dan sering kekurangan. Dalam usia dibawah 10 tahun ia harus mengais nafkahnya sendiri menjadi pengembala, mencari kayu bakar, buruh batu dan pasir serta bekerja serabutan untuk penduduk mekkah
"Orang-orang hebat itu seratus jumlahnya, dan paling hebat Muhammad (Michael H. Heart)
Rasulullah Muhammad menegaskan bahwa kesuksesan hanya akan diperoleh jika kita ikhlas, sungguh-sungguh, bekerja keras serta memberikan karya terbaik dalam semua bidang profesi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar